SEKILAS INFO
26-03-2023
  • 3 minggu yang lalu / PPDB SMP Negeri 2 Gondang Tahun Pelajaran 2023/2024 Mulai 1 Maret – 4 Mei 2023
  • 1 tahun yang lalu / Pemberian Vaksin dosis ke 2 kepada siswa berjalan tertib dan lancar
  • 2 tahun yang lalu / Alhamdulillaah… Penilaian Kinerja Kepala Sekolah yang dilaksanakan hari ini tanggal 10 Desember 2020 berjalan dengan lancar
21
Okt 2022
1
Maulid Nabi Muhammad SAW Digelar di SMP Negeri 2 Gondang

smpn2gondangnganjuk.sch.id SMP Negeri 2 Gondang memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW pada hari Jumat, 21 Oktober 2022. Peringatan berlangsung di Sasana Budaya Spedugo. Sebelum memulai acara, grup rebana Spedugo binaan Bapak Galuh Mustiko, S.Pd.I membawakan beberapa lagu sholawat Nabi Muhammad SAW. Seluruh warga sekolah, yakni: guru, staf karyawan, dan siswa mengikuti acara tersebut. Peringatan Maulid Nabi dilaksanakan pukul 08.30 WIB dengan diawali pembacaan ayat suci Al-Quran oleh salah satu siswi kelas VIII.

Rebana Spedugo-Maulid Nabi

Meneladani Sifat Sabar Nabi Muhammad SAW

Kemudian, Drs. Sukotjo, M.Pd. selaku kepala sekolah menyampaikan sambutan. Beliau menyampaikan bahwa hikmah yang bisa kita pelajari dari peringatan Maulid Nabi yang setiap tahun kita peringati, yaitu meneladani perilaku atau sifat Nabi Muhammad SAW. Salah satu sifat yang bisa kita teladani adalah sifat sabar Nabi Muhammad SAW dalam berdakwah. “Jadi, sifat sabar Nabi Muhammad bisa kalian terapkan dalam menuntut ilmu, selain itu kalian harus sabar, terus berusaha, dan jangan mudah putus asa,”ujar beliau.

Secara bersama-sama, seluruh siswa maupun guru yang hadir melantunkan Mahalul Qiyam dengan berdiri penuh rasa cinta dan kasih kepada Nabi Muhammad SAW.

Mahalul Qiyam Maulid Nabi

Mahalul Qiyam-1 Maulid

Kelahiran Baginda Rosul adalah Kebahagiaan Umat Islam

Memasuki acara inti, yakni Mauidhoh Hasanah oleh Kiai Muhammad Parkim, S.Pd. Beliau menyampaikan beberapa kenikmatan, yaitu Islam, Al-Quran, dan baginda Rasulullah SAW. Maka dari itu, kita semua patut berbahagia menyambut kelahiran Nabi Muhammad SAW. Sahabat pernah bertanya pada Nabi Muhammad SAW, mengapa setiap hari Senin beliau selalu berpuasa. Beliau menjawab,”Saya berpuasa karena saya terlahir di hari Senin.”

Muidhoh hasanah maulid nabi muhammad saw

Nabi Muhammad SAW juga bersabda, “Barang siapa bersholawat kepadaku satu kali maka Allah akan bersholawat kepadanya sepuluh kali, barang siapa yang bersholawat kepadaku sepuluh kali maka Allah akan bersholawat kepadanya 100 kali, dan barang siapa bersholawat 100 kali akan dicatat di antara kedua matanya dua macam kebebasan, yang pertama dibebaskan dari kemunafikan dan kedua dibebaskan dari siksa api neraka kemudian ditempatkan bersama syuhada.”

Tak hanya itu, Kiai Muhammad Parkim juga menyampaikan lima kemuliaan umat Nabi Muhammad SAW. Umat Nabi Muhammad SAW tercipta dalam keadaan yang lemah tidak telalu kuat, kedua tubuhnya kecil dan pendek, ketiga dalam keadaan fakir, keempat berumur pendek, dan terakhir lahir pada zaman paling akhir.

Sebagai penutup Mauidhoh Hasanah, Kiai Muhammad Parkim menyampaikan satu pesan kepada seluruh pendengar yang hadir. “Jangan pernah meninggalkan sholat lima waktu apapun keadaannya dan kita harus selalu mencintai baginda Nabi Muhammad SAW,”tutur beliau.

Selanjutnya, Kiai Muhammad Parkim, S.Pd. menutup acara dengan doa. Pembacaan doa menjadi tanda berakhirnya seluruh rangkaian acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMP Negeri 2 Gondang.

Editor : Kiki Wardani

Kategori : berita / Kesiswaan / Pendidikan / Peringatan Hari Besar

SAnt, Sabtu, 22 Okt 2022

Mudah mudahan kita bisa mencontoh suritauladan nabi MUHAMMAD SAW ,Aamiin

Balas

Pengumuman

PPDB Tahun Pelajaran 2023/2024

PPDB SMP NEGERI 2 GONDANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil