SEKILAS INFO
18-05-2024
  • 1 tahun yang lalu / PPDB SMP Negeri 2 Gondang Tahun Pelajaran 2023/2024 Mulai 1 Maret – 4 Mei 2023
  • 2 tahun yang lalu / Pemberian Vaksin dosis ke 2 kepada siswa berjalan tertib dan lancar
  • 3 tahun yang lalu / Alhamdulillaah… Penilaian Kinerja Kepala Sekolah yang dilaksanakan hari ini tanggal 10 Desember 2020 berjalan dengan lancar
26
Sep 2023
0
Maulid Nabi Muhammad saw. Sarana Memohonkan Fadilat

smpn2gondangnganjuk.sch.id-Peringatan Maulid Nabi menjadi bentuk penghormatan dalam menyambut hari kelahiran Nabi Muhammad saw., sosok panutan sekaligus mulia bagi seluruh umat Islam. Kali ini, SMP Negeri 2 Gondang menyambut hari istimewa ini dengan rasa takzim dan pengharapan atas ridho Allah Swt.

Perayaan Maulid Nabi Muhammad saw. di SMP Negeri Gondang terlaksana khidmat dan meriah pada hari Selasa tanggal 26 September 2023. Acara dibuka dengan keindahan irama banjari dan salawat oleh siswa-siswi SMP Negeri 2 Gondang. Tak lupa, lantunan ayat suci Al-Quran oleh ananda Oriza Devinta kelas 9D juga menambah kekhusyukan acara pada hari ini. Selanjutnya, salawat kembali menggema dengan iringan grup banjari SMP Negeri 2 Gondang binaan Bapak Galuh Mustiko, S.Pd.I.

Grup Banjari Spedugo

Sambutan dari Bapak Sutardi selaku Kepala SMP Negeri 2 Gondang menjadi pemula acara yang kemudian berlanjut pada acara inti. Acara inti pada hari istimewa ini adalah penyampaian tausiyah oleh Ustaz A’arif Al Qomar. Tausiyah menjadi lebih takzim dengan pembacaan salawat bersama para hadirin dan penyampaian tentang betapa istimewanya kita sebagai umat Nabi Muhammad saw.

sambutan kepala sekolah pada acara maulid nabi

Maulid Nabi dengan Terciptanya Fondasi Generasi Insan Berakhlak ala Ustaz A’Arif

Ustaz Arif menyampaikan tiga poin penting yang harus ada pada diri siswa-siswi SMP Negeri 2 Gondang. Pertama, penggunaan teknologi yang harus berlandaskan ilmu dan akhlak. “Jika ingin sukses, bekali diri dengan ilmu dan akhlak. Cari ridho dan barokah dari Bapak/Ibu guru.”, kata Uztaz Arif. Hal tersebut bertujuan agar siswa-siswi dapat menggunakan teknologi dengan bijak dan agar generasi muda tidak terpengaruh dengan budaya yang kurang baik.

Ustaz A'Arif Al qomar

Kedua, memuliakan orang tua dan guru. Ustaz Arif menyampaikan, jika ingin mulia dalam pandangan orang lain, maka harus memuliakan orang lain dahulu. Caranya adalah dengan menggunakan bahasa yang baik dan santun kepada orang tua dan Bapak/Ibu guru. Ustaz Arif menerangkan betapa pentingnya menghormati orang lain, terutama orang tua dan guru.

Pada poin ketiga, Ustaz Arif menyampaikan tentang cara berpakaian yang baik. “Berpakaianlah yang baik. Pakaian yang menutup aurat. Berpakaianlah sesuai latar kehidupanmu.”, ungkap Ustaz Arif. Ungkapan ini mengisyaratkan agar generasi muda lebih memerhatikan cara berpakaian dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, Ustaz Arif berkata bahwa dalam kehidupan, kita harus mengikuti empat sifat mulia Nabi Muhammad saw., yaitu Shiddiq (Jujur), Amanah (dapat dipercaya), Tabligh (menyampaikan), dan Fathonah (cerdas).

peringatan maulid nabi muhammad saw Maulid Nabi Muhammad saw 2023

Sebelum menutup tausiyah, Ustaz Arif berpesan kepada para siswa dan siswi agar menjaga sholat dan ibadah guna menjaga diri agar terhindar dari segala keburukan dan dapat meninggalkan jariyah bagi kedua orang tua. Setelah itu, berkumandang sebagai pertanda penutup acara hari ini. Sebagai tanda berakhirnya acara, Ustaz Arif memimpin pembacaan doa bersama dengan iringan salawat.(foto:ika/nur)

Kategori : berita / peringatan hari besar islam

Pengumuman

PPDB Tahun Pelajaran 2023/2024

PPDB SMP NEGERI 2 GONDANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil