SEKILAS INFO
18-05-2024
  • 1 tahun yang lalu / PPDB SMP Negeri 2 Gondang Tahun Pelajaran 2023/2024 Mulai 1 Maret – 4 Mei 2023
  • 2 tahun yang lalu / Pemberian Vaksin dosis ke 2 kepada siswa berjalan tertib dan lancar
  • 3 tahun yang lalu / Alhamdulillaah… Penilaian Kinerja Kepala Sekolah yang dilaksanakan hari ini tanggal 10 Desember 2020 berjalan dengan lancar
17
Feb 2023
0
Peringatan Isra Mikraj bersama Gus A'arif Al-Qomar Da'i MNC TV

smpn2gondangnganjuk.sch.id – Pada tanggal 17 Februari 2023 SMP Negeri 2 Gondang mengadakan peringatan Isra Mikraj yang diikuti oleh seluruh warga sekolah bertempat di Sasana Budaya Spedugo.

Acara diawali dengan lantunan sholawat diiringi banjari yang beranggotakan siswa-siswi SMPN 2 Gondang bimbingan Bapak Galuh Mustiko,S.Pd.I dan dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Quran.

Peringatan Isra Mikraj-banjari

pembacaan ayat suci al qur'an

Peringatan Isra Mikraj Diikuti Warga Sekolah dengan Antusias

Acara inti pada peringatan Isra Mikraj pagi hari ini adalah ceramah oleh Ustaz Mohammad Syamsul Ma’arif S.Pd.I (Gus A’arif Al-qomar). Beliau merupakan dai muda MNC TV yang berasal dari Nganjuk.

Peringatan Isra Mikraj-Gus A'arif Alqomar

Gus A’arif mengawali ceramah dengan pantun yang mendapat sambutan gembira dari para siswa dan guru. “Saat pengajian seperti ini ada beberapa setan yang akan mengganggu kita, pertama adalah setan yang bergelantungan di bulu mata, kedua di samping kita, lalu ketiganya setan gepeng yaitu HP,” tutur Gus A’arif.

Makhluk Allah yang paling sempurna adalah manusia karena telah mendapat anugerah berupa akal dan pikiran. Kita wajib bersyukur atas itu semua. Salah satu cara bersyukur adalah melaksanakan sholat lima waktu. Hal ini berhubungan dengan peristiwa Isra Mikraj. Peristiwa Isra mikraj adalah peristiwa Nabi Muhammad SAW yang mendapat perintah salat yang awalnya 50 waktu menjadi 5 waktu. Untuk itu, kita wajib bersyukur dan melaksanakan dengan baik.

Di tengah pengajian, Gus A’arif mengajak salah satu siswi maju ke depan untuk melaksanakan tantangan yaitu membaca doa bagi orang tua, menyebutkan rukun islam, dan membaca sholawat. Tak lupa, Gus A’arif juga memberikan penghargaan karena siswi tersebut mampu melaksanakan semua tantangan dengan baik.

Peringatan Isra Mikraj-tantangan dari Gus A'arif Alqomar

Pesan Gus A’arif kepada Seluruh Siswa SMP Negeri 2 Gondang

Gus A’arif menuturkan, “Menangislah di masa muda maka kamu akan tertawa di hari tua.
Jangan takut dan berkecil hati jika mendapat cemooh. Tunjukkan pada mereka kalian akan sukses di kemudian hari.
Belajarlah sambil perbanyak tirakat agar ilmumu bermanfaat dan barokah. Hormati dan hargai orang tua mu di rumah maupun di sekolah agar dalam menuntut ilmu bisa barokah.”

Gus A’arif juga berpesan agar menutup aurat karena anak yang keluar rumah dengan membuka aurat akan membawa langkah orang tua menuju pintu neraka.

Agar mendapat ilmu yang bermanfaat dan barokah, kita wajib menjaga akhlak kepada orang tua dan Allah dengan cara menjaga salat 5 waktu. Jika kalian melaksanakan salat, maka akan meringankan beban orang tua. Sebaliknya, jika kalian tidak salat, maka akan menambah beban orang tua di akhirat. Kemudian Gus A’arif menutup ceramah dengan doa.

Peringatan Isra Mikraj-Sambutan Kepala Sekolah

Acara selanjutnya, sambutan kepala sekolah. Bapak Drs. Sukotjo, M.Pd. menyimpulkan hikmah peringatan Isra Mikraj pagi hari ini tentang perintah salat. Beliau berpesan agar kita senantiasa menjaga salat 5 waktu dengan baik.

Terakhir, lantunan sholawat diiringi banjari menjadi tanda berakhirnya seluruh rangkaian acara peringatan Isra Mikraj di SMP Negeri 2 Gondang.

Editor : Siti Nur Rahayu, Kiki Wardani | Foto : Zdifum

Kategori : berita / Kesiswaan / Pendidikan / Peringatan Hari Besar / peringatan hari besar islam

Pengumuman

PPDB Tahun Pelajaran 2023/2024

PPDB SMP NEGERI 2 GONDANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil