SEKILAS INFO
18-07-2024
  • 1 tahun yang lalu / PPDB SMP Negeri 2 Gondang Tahun Pelajaran 2023/2024 Mulai 1 Maret – 4 Mei 2023
  • 2 tahun yang lalu / Pemberian Vaksin dosis ke 2 kepada siswa berjalan tertib dan lancar
  • 3 tahun yang lalu / Alhamdulillaah… Penilaian Kinerja Kepala Sekolah yang dilaksanakan hari ini tanggal 10 Desember 2020 berjalan dengan lancar
18
Des 2020
0
Budidaya Lahan Sempit menjadi Program Unggulan

Penghijauan di lingkungan sekolah merupakan tanggungjawab seluruh warga sekolah. Selain itu, penghijauan sekolah berfungsi untuk menciptakan kenyamanan dan kesehatan lingkungan. Untuk mewujudkan hal tersebut salah satunya adalah memanfaatkan lingkungan sekolah dengan menanami berbagai tanaman. Baik tanaman hias maupun sayuran. SMP Negeri 2 Gondang pun berupaya membuat lingkungan yang asri, hijau dan sehat yaitu melalui program Budidaya Lahan Sempit (BULAPIT). Yang nantinya menjadi program unggulan SMP Negeri 2 Gondang. Kepala Sekolah dan para dewan guru sangat mendukung dan membimbing langsung program dari pengurus Osis ini. Adapun bentuk dari program Budidaya Lahan Sempit yaitu :

  1. Pengadaan green house, dan
  2. Budidaya ikan lele dalam ember

Green House

budidaya lahan sempit hidroponik

Hidroponik Garden

Jika kita melihat di lapangan tengah sekolah, disana terdapat dua buah bangunan green house dengan dinding kawat jaring. Bangunan pertama berada di sudut timur utara (timur laut) Sasana Budaya Spedugo tepat di depan ruang Laboratorium IPA. Di dalamnya terdapat tanaman hidroponik berupa selada, sawi hijau, dan bawang merah. Bangunan green house yang kedua berada di pojok barat utara (barat laut) terletak di depan ruang kelas siswa. Di dalam bangunan green house yang kedua khusus berisi beberapa jenis tanaman anggrek hias. Sungguh pemandangan yang asri, segar, sehat dan hijau. Dengan demikian siswa, guru dan seluruh warga sekolah dapat beraktifitas dengan nyaman di lingkungan yang sehat.

Budidaya lahan sempit green house

Green house anggrek

Budikdamber

Tidak hanya green house akan tetapi juga terdapat beberapa ember yang berjejer di samping green house pertama. Ember besar itu adalah tempat budidaya ikan lele. Pengurus OSIS menambahkan sayuran kangkung dengan menanamnya di dalam bekas gelas air mineral agar fungsinya dapat maksimal. Lalu di kaitkan di sisi ember. Sistem ini biasa disebut “BUDIKDAMBER” (BUDIDAYA IKAN DALAM EMBER). Kreatif, ya.

Budidaya lahan sempit budikdamber

Budidaya ikan dalam ember

Kegiatan ini dapat melatih siswa-siswi agar giat aktif  serta mencintai kegiatan menanam. Karena mereka akan menjadi generasi petani milenial di masa depan. Kita pun dapat mencontoh untuk memanfaatkan lahan sempit di daerah sekitar rumah. Agar lingkungan tampak hijau, asri, segar dan sehat. Selain itu kita pun bisa mengambil hasil panen sayuran sehat organik dan ikan lele sendiri secara berkala.

Kategori : berita

Pengumuman

PPDB Tahun Pelajaran 2023/2024

PPDB SMP NEGERI 2 GONDANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil